Kamis, 15 Juli 2010

XL Revisi Target Pelanggan Jadi 38 Juta

PT XL Axiata Tbk merevisi target jumlah pelanggan hingga akhir tahun ini menjadi 38 juta. Revisi dilakukan karena target semula yang 35 juta telah tercapai pada semester I-2010. Namun, target itu belum bisa melampaui jumlah pelanggan Indosat yang kini mencapai 39,1 juta, apalagi Telkomsel yang sudah di atas 88 juta.

"Tadinya kami menargetkan jumlah pelanggan tahun ini sekitar 34-35 juta, tapi ternyata target itu sudah dicapai pada semester I ini. Sekarang target itu kami revisi menjadi 38 juta pelanggan hingga akhir tahun," ujar Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi di sela acara Indonesia Cellular Show (ICS) 2010, Jakarta, Rabu (14/7).

Dengan revisi target pelanggan itu, operator telepon seluler yang identik dengan warna biru itu juga merevisi target pertumbuhan pendapatan pada tahun ini. Pada tahun lalu, pendapatan XL mencapai Rp 13,5 triliun dan laba bersih Rp 1,7 triliun. "Mulanya kami targetkan pendapatan tumbuh 15%, kini kami revisi menjadi 18-19%," kata Hasnul.

Hasnul mengatakan, layanan voice masih primadona dengan kontribusi sebesar 65% dari total pendapatan XL. Sedangkan kontribusi pendapatan dari data masih kecil, yakni 4%. Hingga akhir tahun ini, XL menargerkan, sumbangan pendapatan dari data bisa mencapai 7%, dan sisanya (28%) kontribusi layanan SMS dan konten value added services (VAS).

Meski layanan data mulai marak di Tanah Air, XL tetap berusaha mempertahankan layanan dasar, seperti voice dan SMS. Kedua layanan ini masih sangat dibutuhkan masyarakat, dan masih memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan perusahaan. Oleh karena itu, bertepatan dengan ICS 2010, XL meluncurkan beragam program promo, baik untuk layanan suara, SMS maupun data.

Program promo itu antara lain XL Pasca Bayar Unlimited dan Gratis Facebook Mobile. Selain itu, XL juga meluncurkan program promo khusus layanan data, yaitu 'Paket XL Internet Broadband' serta Paket Bundling XL Handset BlackBerry Internet Broadband.

“Layanan XL telah berkembang sedemikian rupa. Awalnya hanya voice dan SMS, kini tersedia pula layanan data. Sebagai the real completely provider, XL selalu memenuhi layanan yang dibutuhkan seluruh pelanggan dengan kualitas yang maksimal,” kata Direktur Commerce XL Joy Wahjudi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar