Rabu, 28 Juli 2010

Hadapi Ramadhan, Operator Siapkan Mobile BTS

BULAN puasa masih dua minggu lagi, apalagi Lebaran Hari Raya Idul Fitri, masih jauh. Namun operator telekomunikasi mulai mempersiapkan jaringannya untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan telekounikasi selama Ramadhan dan Lebaran.

Flexi Telkom, layanan fixed wireless access (FWA) milik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk, bahkan menyiapkan beberapa base transceiver station bergerak (mobile BTS) di beberapa daerah. Yakni, daerah dengan sinyal penangkapan rendah atau daerah padat yang menjadi tujuan mudik.

“Untuk Lebaran tahun ini kami sudah menyiapkan sedikitnya 12 mobile BTS di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi lonjakan trafik suara dan SMS,” kata Executive General Manager Telkom Flexi Triana Mulyatsa di Surabaya, Senin (26/7).

Penempatan mobile BTS tersebut akan diutamakan di jalur mudik utama pulau Jawa dan beberapa kantong mudik di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kedua daerah tersebut merupakan pusat aliran mudik dalam jumlah besar dan perlu diantisipasi trafiknya. Di Jawa Timur, Flexi menjamin jalur utama mudik, baik jalur pantai utara (pantura) maupun jalur selatan, bebas dari tanpa sinyal (blank spot).

“Kalaupun ada blank spot, itu pasti di daerah pegunungan,” kata General Manager Commerce Divisi Telkom Flexi area Jatim, Bali, Nusra Suparwiyanto.

Selain memperbaiki fasilitas jaringan, Flexi juga menyiapkan konten-konten khusus bagi pelanggan dalam menyambut bulan Ramadan dan Lebaran. "Untuk bulan puasa, kami menyiapkan program yang memudahkan masyarakat mendapat informasi, seperti lokasi masjid dan rumah makan untuk berbuka puasa," kata Triana.

Dia mengatakan, saat ini jangkauan area jaringan Flexi di Jatim sudah mencapai lebih dari 90%. Pelanggan di Jatim saat ini mencapai tujuh juta, sedangkan di seluruh Indonesia mencapai 18 juta. Saat ini kebutuhan masyarakat tidak lagi terbatas pada basic mobile, namun juga akses mobile internet.

Kebutuhan ini sudah masuk pada segmen pelanggan mana pun, mulai dari pelanggan yang memanfaatkan teknologi internet untuk functional need, sampai pada pelanggan yang memanfaatkan sebagai technology literate.

Operator lain, PT XL Axiata Tbk mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk menghadapi lonjakan trafik pada momen Lebaran. Karena peningkatan jaringan sudah dilakukan jauh sebelum Lebaran. “Untuk jaringan, tidak ada persiapan khusus. Selama dua tahun belakangan, kami buktikan bahwa meski ada lonjakan trafik suara dan SMS hingga 200%, jaringan yang ada masih mencukupi,” kata Martono, manager Management Service PT XL Axiata Tbk untuk area Timur.

Menurut Martono, kapasitas BTS XL saat ini sudah mencukupi untuk menerima lonjakan trafik pada momen Lebaran. Meski demikian, pihaknya akan tetap memberikan perhatian lebih pada kemungkinan terjadinya lonjakan pemakaian layanan data pada momen tersebut. Sebab sejak setahun belakangan ponsel dengan fasilitas jejaring sosial seperti facebook, twitter serta untuk aplikasi chatting sedang booming.

Sementara itu, PT Natrindo Telepon Seluler (NTS) berencana melakukan drive test jaringannya di Pulau Jawa. Uji jaringan itu akan dilakukan pada 28-30 Juli 2010 dengan mengajak sejumlah wartawan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar