Jumat, 30 Juli 2010

Flexi dan Esia Bersaing di Ponsel Musik

FLEXI dan Esia sedang ‘pacaran’, tapi kedua operator CDMA ini saling bersaing. Persaingan keduanya, bahkan makin ketat, terutama dalam merebut pelanggan. Kedua operator yang sempat disebut Meneg BUMN Mustafa Abubakar bakal merger itu tengah bersaing hebat menawarkan bundling ponsel musik.

PT Bakrie Telecom Tbk menawarkan Hape Esia Music Chat, ponsel bundling keluaran Haier tipe EC5115. harganya sekitar Rp 300 ribu. Kalau Esia menyasar segmen pasar kelas menengah ke bawah, sedangkan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) gencar menawarkan HP Flexi Musik bagi segmen pasar kelas menengah atas. Dua jenis HP Flexi Musik yang bekerja sama dengan ZTE itu ditawarkan dengan harga masing-masing Rp 649 ribu dan Rp 1,099 juta.

General Manager Commerce Bakrie Telecom untuk Regional Jatim, Bali, Nusra Kiagus Andre Zailani mengatakan, Hape Esia Music Chat ditawarkan dengan harga Rp 299 ribu. Ponsel ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses fasilitas media player dan Digital Music Downloader (DMD) Esia Musicbox.

Pelanggan Esia juga bisa mendengarkan siaran radio secara bergerak karena terdapat fasilitas FM Radio plus handsfree-nya. Ponsel berbentuk candy bar ini bisa dijadikan modem untuk berselancar di dunia maya.

"Untuk sementara, di Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara kami siapkan 20-30 ribu unit. Barangnya baru saja masuk Surabaya, Senin malam kemarin. Kami siap untuk menambah pasokan sesuai respons pasar," ujar Kiagus Andre Zailani di Surabaya, Selasa (27/7).

Andre mengatakan terdapat hampir 10 ribu lagu dari dalam dan luar negeri yang dapat dipilih dan diunduh pelanggan Esia. Hal ini bisa terjadi karena Bakrie Telecom menjalin kerja sama dengan 10 label musik bersar di Indonesia, seperti Musica Studio, Sony Music Indonesia, Warner Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Trinity Optima Production, Aquarius Musikindo dan beberapa label lain.

"Kami luncurkan produk ini berbarengan dengan acara Supershow Ganas yang disponsori Esia pada 30-31 Juli. Musik masih jadi media yang efektif untuk mendongkrak pelanggan," tutur dia.

Di Jatim, Esia didukung oleh 21 mitra penjualan dengan puluhan ribu outlet ritel. Khusus di Surabaya ada 10.000 outlet ritel yang menjual Esia.

HP Flexi Musik

Sementara itu, Executive General Manager Telkom Flexi Triana Mulyatsa mengatakan, Flexi berusaha memperbesar penguasaan pasar dengan terus berinovasi meluncurkan paket Flexi Musik. Untuk itu melempar tiga ponsel bundling yaitu ZTE S618, Hisense C1110, dan ZTE X992.

”Kami memandang segmen anak muda masih menjadi pasar yang sangat potensial. Musik tentu menjadi sarana pemasaran yang kami rasa efektif untuk mengembangkan penguasaan pasar,” kata Triana di Surabaya, Rabu (28/7).

Triana mengatakan, ponsel-ponsel terbaru dalam seri Flexi Musik adalah ponsel dengan spesifikasi kelas atas dan dipasarkan dengan harga terjangkau. Dengan HP Flexi Musik, pelanggan bisa mengunduh ribuan lagu asli secara mudah dan murah, mulai dari Rp1.000 untuk maksimal 30 lagu dalam sehari. Flexi bekerja sama dengan 12 major label, antara lain, Aquarius, Arka, Sani, Indo Semar, Pelangi, Virgo, e-Motion, dan Universal.

”Keunggulan itulah yang kami jadikan selling point. Selama ini masih banyak segmen konsumen yang ingin mengakses ponsel berteknologi tinggi namun dengan harga murah,” jelas dia.

General Manager Telkom Flexi Area Jatim, Bali dan Nusa Tenggara Nusra Suparwiyanto menambahkan, dari ketiga seri ponsel tersebut ZTE S618 tidak dipasarkan di Jatim. ”Kami memang ingin secara lebih khusus membidik segmen menengah ke atas. Selain itu, ZTE S618 yang bermodel candy bar sengaja tidak kami pasarkan di Jatim karena konsumen di sini masih sangat gandrung pada ponsel Qwerty,” jelas dia.

Suparwiyanto menambahkan, ponsel Hisense C1110 ditawarkan dengan harga promosi Rp499 ribu. "Kami menyiapkan 10.000 ponsel Hisense C1110, dan ZTE X992 untuk tahap awal. Kami yakin respons pasar sangat luar biasa. Karena itu kami sudah menyiapkan tambahan pasokan," ujar dia.

Semua ponsel tersebut, kata dia, juga masih dikerangkai di FlexiPortal yang memadukan layanan suara, data, teks, dan gambar. Layanan FlexiPortal juga memungkinkan pelanggan mengakses berbagai fasilitas layanan seperti FlexiTone, FlexiChat, FlexiMedia, FlexiMuslim, hingga berbagai situs jejaring sosial.

”Aplikasi-aplikasi tersebut bisa diakses dengan biaya Rp500 per pekan,” ujarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar