Rabu, 09 Juni 2010

Operator CDMA Berlomba Tawarkan HP Modem

SEPERTI halnya operator GSM, operator CDMA tak mau kalah dalam memanfaatkan booming akses internet via ponsel. Smart Telecom, Mobile 8, Star One dan Flexi berlomba merebut pelanggan dengan menawarkan handphone (HP) yang bisa dijadikan modem berharga terjangkau.

Keempat operator CDMA itu mulai beramai-ramai menawarkan bundling HP modem. Langkah ini bukan hanya untuk mengaet pelanggan sebanyak-banyaknya, tetapi khususnya pelanggan data. HP modem yang ditawarkan tidak hanya dengan harga terjangkau, tapi dengan fitur tambahan dan aplikasi gaya hidup demi memperkuat daya tarik produk tersebut.

Telkom Flexi amat gencar menawarkan produk bundling HP modem. Baru-baru ini, Flexi merilis ponsel chatting dengan menggandeng vendor ponsel asal Tiongkok, ZTE, yakni ponsel seri C332.

"Setidaknya ada delapan vendor ponsel lokal yang bisa digunakan untuk mobile internet dan sekalian modem," kata General Manager Commerce Divisi Telkom Flexi Area Jatim, Bali, Nusra Suparwiyanto, Selasa (8/6).

Flexi juga menargetkan bisa meningkatkan kontribusi Flexinet terhadap total pendapatan Telkom Flexi. Pada tahun lalu, kontribusi Flexinet hanya 5% dari total pendapatan sebesar Rp 1,2 triliun. Tahun ini, kontribusi Flexinet ditargetkan menjadi 10-15% dari total target pendapatan Telkom Flexi yang sebesar Rp 2 triliun.

Pertumbuhan pengguna Flexinet, kata dia, cukup besar. Bahkan pertumbuhannya per bulan rata-rata mencapai lebih dari 100%. Padahal, Flexinet belum meluncurkan layanan generasi ketiga (3G) atau teknologi EVDO. "Layanan FlexiNet Unlimited dengan kecepatan mencapai 153 kbps dirasakan sudah cukup," kata dia.

Fenomena Baru

Sedangkan Mobile-8 merilis HP Fren Super Modem (Sumo), yang juga bisa dipakai untuk akses internet (modem). Mobile-8 melihat adanya fenomena baru di masyarakat akan penggunaan komputer jinjing dan kebutuhan teknologi komunikasi melalui internet.

"Karena itu, kami memadukan layanan data untuk berinternet sekaligus menelepon," kata Henry Harwanto Susanto, head of region VI Mobile-8.

Di setiap HP Fren Sumo telah dilengkapi produk Mobile-8 Fren Duo dengan harga paket di kisaran Rp 319 ribu (belum termasuk PPN). Ada dua tipe yang ditawarkan, yakni seri CM100 dan C36X yang didukung koneksi CDMA2000 1x CDMA 800MHz dengan kecepatan hingga 153,6 Kbps.

Meski mengusung dua fungsi (modem dan telepon), Fren Sumo tetap menyediakan aplikasi penunjang gaya hidup yang tidak pernah ada pada produk bundling HP modem sebelumnya. Di antaranya, aplikasi games dan situs berita online yang dalam layanan B-Live.

Tak hanya Fren, StarOne, produk CDMA Indosat, juga memiliki ponsel yang berfungsi sebagai alat komunikasi sekaligus modem. Indosat menawarkan paket bundling dengan merek lokal Ivio GC2000 yang bisa diisi dua kartu. Sebagai produk bundling, salah satu slot-nya hanya bisa menggunakan kartu CDMA atau GSM keluaran Indosat. Sedangkan slot yang satu lagi bisa diisi dengan produk CDMA lain. Harga untuk handset yang berbentuk Qwerty tersebut dipatok Rp 950 ribu per unit.

Sementara itu Smart juga merilis HP modem Smart seri C261 dan C700. Dengan harga Rp 319 ribu (belum termasuk PPN), pelanggan akan mendapatkan HP Modem Warna 3G Smart C261 atau C700 dengan bonus gratis Unlimited Internet selama 30 hari dengan kecepatan internet maksimum 153,6 Kbps. Paket ini juga sudah termasuk paket pulsa Rp 5 ribu dengan masa aktif selama 30 hari.

“Dengan adanya penawaran baru ini, masyarakat dapat memilih paket yang diinginkan,” ujar Chief of Sales Smart Telecom Charles Sitorus.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar