Kamis, 03 Juni 2010

Telkom Hadirkan Solusi ERP Gratis buat UKM

JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meluncurkan Bonastoco, sebuah aplikasi akutansi terintegrasi yang gratis buat usaha kecil dan menengah (UKM). Speedy ERP Bonastoco ini adalah solusi Enterprise Resources Planning (ERP) yang meliputi modul Point of Sales (POS), pengelolaan persediaan (inventory) dan modul akunting.

Direktur IT & Supply Telkom Indra Utoyo mengatakan, untuk mendapatkan solusi ERP tersebut secara gratis, UKM cukup berlangganan akses internet Speedy. Saat ini Telkom menyediakan dua paket layanan, yakni Speedy Bonastoco Standar untuk tiga pengguna (users) dengan biaya Rp265 ribu per bulan, dan paket Speedy Bonastoco Premium untuk enam pengguna (users) dengan tarif Rp 365 ribu per bulan.

"Saat ini sudah ada 20-an komunitas yang mengunakan layanan terbaru Telkom ini. Kami targetkan, ada 60 ribu pelanggan sampai akhir tahun ini," kata Indra Utoyo di Jakarta, Rabu (2/6).

Indra menjelaskan, solusi ERP gratis yang ditawarkan Telkom itu merupakan hasil kerja sama dengan PT Iforsys. Dalam kerja sama itu, setiap pelanggan Speedy Bonastoco disisihkan Rp 70 ribu untuk solusi yang dipotong dari biaya langganan. "Dari Rp 70 ribu itu, 75% untuk Iforsys dan 25% untuk Telkom, yang digunakan untuk services dan lain-lain," kata dia.

Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia menambahkan, solusi ERP lengkap itu hanya ditawarkan gratis bagi UKM di seluruh Indonesia. Sedangkan bagi pengusaha besar, solusi itu bisa diperoleh dengan harga tak kurang dari Rp 75 juta per lisensi.

Eddy mengatakan, solusi Bonastoco itu amat berguna bagi UKM untuk memonitor stok kapan saja dan di mana saja, bahkan lewat handphone. "Nantinya fitur Bonastoco ini akan dilengkapi dengan fitur untuk memantau penjualan," kata Eddy.

Solusi aplikasi Bonastoco terutama ditujukan, tak terkecuali untuk supermarket, minimarket atau jaringan toko. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat melihat laporan operasional seperti penjualan (sales) dan persediaan (stock) di setiap cabang. Pemantauan bisa dilakukan melalui handphone atau laptop di mana saja. "Untuk memantaunya, pengguna cukup mencari hotspot atau WiFi Speedy di mana saja," kata dia.

Eddy menambahkan, sebagai perkakas ERP, Bonastoco dapat menyeimbangkan persediaan dan permintaan perusahaan secara menyeluruh, berkemampuan untuk menghubungkan pelanggan dan pemasok dalam satu kesatuan rantai ketersediaan. Solusi ini mengadopsi proses-proses bisnis yang telah terbukti dalam pengambilan keputusan, dan mengintegrasikan seluruh bagian fungsional perusahaan (penjualan, pemasaran, manufacturing, operations, logistik, pembelian, keuangan, pengembangan produk baru, dan sumberdaya manusia).

Dengan solusi ini, lanjut Eddy, bisnis dapat berjalan dengan tingkat pelayanan pelanggan dan produktifitas yang tinggi, biaya dan inventory yang lebih rendah, dan menyediakan dasar untuk e-commerce yang efektif. Keunikan produk ini dapat menghubungkan sesama pemakai Bonastoco untuk saling berbagi informasi produk, profil perusahaan, dalam menu searching berbasis web. Sesama member atau pengguna Bonastoco dapat saling bertukar data bisnis atau mengeluarkan Pesanan Pembelian (PO, Purchase Order) secara online. ”Melalui aplikasi ini pengguna dapat mempromosikan produk di pasar internet Bonastoco semudah klik, tanpa persiapan teknis dan tanpa biaya,” terang Eddy.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar