Kamis, 24 Juni 2010

Tarif Internet Masih Mahal

COUNTRY Manager Dell Indonesia Pieter Lydian mengatakan, tarif internet yang masih tergolong mahal masih menjadi hambatan akselerasi penetrasi komputer di Tanah Air.

Di Tiongkok, dengan membayar US$20-30 (sekitar Rp190-285 ribu), pelanggan bisa menggunakan internet dengan kecepatan 2 megabit per detik (Mbps). Adapun di Indonesia dengan harga yang sama, pelanggan hanya dapat mengakses internet berkecepatan 384-512 kilobit per detik (Kbps).

Tidak hanya mahal, jaringan internet yang kualitasnya memadai pun baru bisa dirasakan oleh kota-kota yang tergolong sebagai tier I (Jabodetabek) dan tier II (Semarang, Solo, dan Yogyakarta). Di kota-kota lainnya, kualitas internet boleh dikata masih jauh dari baik.

"Padahal kalau internet bisa dibuat lebih murah dan mampu menjangkau hingga kecamatan-kecamatan di luar Pulau Jawa, penetrasi komputer pasti bisa jauh lebih tinggi," terangnya.

Sementara itu, Dedy Handoko berpendapat, kecepatan akses internet di Indonesia makin tinggi dan tarifnya juga kian terjangkau. "Jika kualitas dan harganya bisa terus lebih baik, maka jurang pemisah antara internet di Indonesia dan internet negara tetangga, seperti Singapura akan semakin dekat," ujar dia.

Dia mengklaim, tarif internet yang ditawarkan perusahaannya sudah cukup murah dibanding penyelenggara jasa internet lainnya di Indonesia. Untuk akses hingga 1,5 Mbps melalui jaringanhybrid fiber optic yang ditawarkannya ke pelanggan, misalnya, tarif yang dikenakan First Media hanya Rp 333 ribu.

"Kalau kita lihat dari sisi kualitas kecepatan akses dan serta tarif yang kami tawarkan, saya rasa kita sudah cukup dekat dengan Singapura," kata Dedy.

Dia membandingkan dengan tarif yang ditawarkan Starhub dari Singapura yang menawarkan akses mulai dari 3 Mbps dengan tarif Sin$ 27 atau hampir Rp 200 ribu. "Bedanya kini tak jauh-jauh amat dengan kita. Kalau tren peningkatan bandwidth dengan harga terjangkau bisa terus diperbaiki, saya rasa satu-dua tahun lagi kami bisa kejar mereka," papar Dedy.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar