Selasa, 22 Juni 2010

Tarif BlackBerry XL Kini Rp99 Ribu Per Bulan

PT XL Axiata Tbk (XL) mulai merespons kompetisi layanan BlackBerry Internet Service (BIS) dengan meluncurkan program XL BlackBerry One dengan tarif Rp 99 ribu per 30 hari. Program yang berlaku secara nasional mulai 21 Juni 2010 ini akan memaksimalkan layanan BIS kepada 400 ribu pelanggan BlackBerry XL saat ini.

“BlackBerry banyak dicari karena kualitas layanan dan besarnya manfaat yang dibawanya. Untuk memaksimalkan manfaat bagi pelanggan, XL tidak ragu untuk memberikan penawaran tarif berlangganan BlackBerry One bulanan menjadi hanya Rp99 ribu per 30 hari,” kata Direktur Marketing XL Nicanor V Santiago, dalam keterangan resminya, Senin (21/6).

Tarif BlackBerry XL ini makin menyemarakkan persaingan pada layanan BlackBerry. Pekan lalu, Telkomsel menghadirkan paket unlimited BlackBerry dengan tarif Rp 70 ribu per bulan. Pelanggan dapat menikmati tarif layanan BlackBerry ini dengan membeli paket bundling BlackBerry Bold 9700 White Edition seharga Rp 4,899 juta.

Vice President Channel Management Telkomsel Gideon Edie Purnomo menjelaskan, paket BlackBerry Unlimited (full services) Rp 70.000 per bulan diperoleh pada bulan kedua, ketiga, dan keempat setelah berlangganan paket Rp 120 ribu pada di bulan pertama. Kini, jumlah pelanggan BlackBerry Telkomsel telah mencapai 480 ribu.

Sebelumnya, XL dan Telkomsel juga bersaing dalam memberikan kapasitas jaringan bagi layanan BlackBerry dan kini telah sama-sama menjadi 400 megabit per detik (Mbps). Dengan peningkatan bandwitch itu, XL dan Telkomsel menjadi operator di Indonesia yang terkoneksi dengan Research In Motion (RIM) dengan dual-carrier partner.

Nicanor menjelaskan, tarif BlackBerry XL itu untuk layanan penuh BlackBerry, termasuk untuk browsing, email, chating, serta akses jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Tarif murah ini sebelumnya sudah dikenakan bagi pelanggan baru XL BlackBerry.

Pelanggan XL saat ini mencapai 33 juta, dan 400 ribu di antaranya adalah pelanggan BlackBerry. Saat ini, kata Nicanor, XL didukung dengan jaringan 3G dengan lebih dari 20 ribu base transceiver station (BTS), di antaranya 2.225 NodeB/BTS 3G di Jawa, Sumatera, Bali, Lombok, Sumbawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Sebanyak 50% dari NodeB yang ada tersebut menggunakan teknologi HSDPA yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, terutama Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar.

Sementara itu, untuk mendukung pelayanan bagi pelanggan BlackBerry, XL menyediakan 24 Xperience Land di 14 kota, antara lain di Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Lampung, Palembang, dan Jambi. “Kami berharap tarif berlangganan yang semakin terjangkau ini akan meringankan masyarakat luas yang ingin menikmati layanan handal XL BlackBerry,” tutup Nicanor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar