Rabu, 30 Juni 2010

Isi Pulsa Fren, Makan Gratis di KFC

PT MOBILE-8 Telecom Tbk (Mobile-8) menawarkan gratis paket menu Kentucky Fried Chicken (KFC) bila mengisi ulang pulsa sebesar Rp 50-100 ribu. Langkah ini, selain untuk mengurangi tingkat pindah operator (churn rate) menjadi di bawah 5%, juga diharapkan meningkatkan jumlah pelanggan.

“Per kuartal I-2010, churn rate layanan Fren mencapai 7%,” kata Group Head Customer Care Mobile-8 Jane Sardodjo di sela konferensi persi di Jakarta, Selasa (29/6).

Jane mengatakan, operator fixed wireless access (FWA) yang tengah merampungkan proses merger dengan PT Smart Telecom ini menggandeng PT Fast Food Indonesia Tbk (FFI) sebagai pemegang merek dagang Kentucky Fried Chicken (KFC) meluncurkan program Fren Gratis KFC.

Program ini, kata Jane, dapat dinikmati pelanggan Fren prabayar maupun pascabayar. Pelanggan Fren mendapatkan gratis paket menu KFC jika mengisi pulsa dalam denominasi tertentu antara Rp 50-100 ribu.

“Bagi pelanggan prabayar cukup mengisi ulang pulsa Rp50 ribu dan Rp100 ribu untuk mendapatkan paket menu tertentu dari KFC. Program ini juga berlaku bagi pelanggan pascabayar jika pemakaian bulanannya mencapai Rp50 ribu dan Rp100 ribu,” jelas Jane.

Pada akhir 2009, Fren telah melayani sekitar tiga juta pelanggan aktif dengan rincian 96% pelanggan prabayar. Jane berharap program yang berjalan mulai 17 Juni hingga 17 Agustus ini dapat menekan angka churn rate menjadi di bawah 5%.

Program ini juga diharapkan dapat mendongkrak average rate per user (ARPU) pelanggan Fren. Tahun lalu, ARPU pelanggan Fren masih berkisar di angka Rp25 ribu dan pendapatan perseroan mencapai Rp 600 miliar. Secara umum, Mobile-8 juga menargetkan jumlah pelanggan dapat tumbuh dua kali lipat hingga penghujung 2010.

Program Loyalti

Program promosi ini diluncurkan secara serentak di Jakarta dan Surabaya. Head of Region VI Mobile-8 Henry Harwanto Susanto mengatakan, setelah pelanggan mengisi ulang pulsa senilai Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu, secara otomatis pelanggan akan menerima SMS Notifikasi. Isinya, pelanggan mendapatkan gratis paket Fren Hemat di KFC. Yakni paket goceng + 1 ayam + 1 nasi untuk isi ulang Rp 50 ribu dan paket goceng + 2 nasi dan 2 ayam untuk isi ulang pulsa Rp 100 ribu.

"Tak hanya itu, pelanggan juga berkesempatan memenangkan Grand Prize Toyota Avanza. Kerja sama ini murni program loyalti dan retensi pelanggan," kata Henry.

Sementera itu, waralaba siap saji KFC menargetkan meraih keuntungan hingga Rp2-3 triliun dari seluruh gerai di Indonesia. General Manager Business and Development PT FFI Gandhi Lie mengungkapkan untuk mencapai target tersebut perseroan berinvestasi sebesar Rp 45-150 miliar untuk membuka 30 cabang baru.

Saat ini, PT FFI telah mengoperasikan 372 cabang KFC di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut belum termasuk cabang jenis Counter Express, KFC Stop and Drive Thru.

Chief Executive Officer (CEO) PT FFI Fabian Gelael dalam keterangannya mengatakan, kedua perusahaan ini memiliki target pasar yang sama dan dikenal dengan berbagai inovasi. “Kerja sama ini adalah bentuk penghargaan KFC untuk memberikan sesuatu yang lebih kepada pelanggan loyal Fren dan pelanggan loyal kami agar keduanya memeroleh manfaat tambahan,” kata dia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar