Rabu, 02 Juni 2010

Telkom Resmikan SME Center di Tanggulangin

PT TELEKOMUNIKASI Indonesia Tbk (Telkom) meresmikan Small Medium Enterprise (SME) Center di Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. Pusat Usaha Kecil dan Menengah (UKM) itu dihadirkan dalam rangka mendukung dan mengembangkan bisnis UKM di daerah tersebut.

Pada kesempatan itu, Telkom juga menyerahkan bantuan kemitraan dana bergulir sebesar Rp 4,198 miliar untuk 171 UKM di Jawa Timur. Khusus untuk Sidoarjo diserahkan kepada 20 UKM senilai Rp 498 juta, dan secara simbolis diserahkan kepada lima pengusaha UKM pada acara ini.

“Penempatan SME Center di Tanggulangin ini mempunyai nilai strategic. Ini merupakan pilot project pertama di Indonesia di mana SME Center didekatkan dengan lokasi pengrajin UKM,” kata Executive General Manager (EGM) Divisi Business Service (DBS) Telkom Slamet Riyadi di Jakarta, Selasa (1/6).

Tanggulangin adalah kawasan sentra pengrajin yang cukup besar dan terkenal di Indonesia. Daerah ini menjadi salah satu ‘mesin penggerak’ ekonomi bagi Kabupaten Sidoarjo. Oleh karena itu, kehadiran SME Centre ini diharapkan bisa membantu para pengusaha UKM di kawasan itu.

SME Centre adalah pusat komunikasi, pusat komunitas dan pusat komersial. Di SME Centre terdapat berbagai fasilitas perkantoran modern yang mendukung virtual office, seperti telepon, faksimili, akses internet, konferensi jarak jauh, dan SMS broadcast.

SME Centre juga bisa dijadikan media dan sarana bagi UKM untuk bertemu komunitas UKM, dan saling bertukar pikiran atau untuk transaksi secara online (e-commerce). SME Center juga menyediakan layanan informasi, showroom, konsultasi dan training.

Sementara itu, Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia mengharapkan, kehadiran SME Center di Tanggulangin dapat menggairahkan bisnis UKM di kawasan itu. Ia juga berharap dengan dukungan solusi teknologi informasi (TI) dari Telkom, sentra-sentra UKM di seluruh Indonesia makin tumbuh dan berkembang hingga berdaya saing global.

Pada kesempatan tersebut, lanjut Eddy, Telkom juga memberi kemudahan pemasangan akses internet Speedy bagi UKM di kawasan Tanggulangin serta masyarakat umum. Yakni, gratis pasang baru Speedy, gratis modem, gratis biaya instalasi, dan diskon abonemen sampai 37% selama enam bulan untuk seluruh paket layanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar