Kamis, 26 Agustus 2010

Garap Korporasi, Telkom Group Gandeng 6 BUMN

Telkom dan anak usahanya, Telkomsel, fikus menggarap pelanggan korporasi dengan menggandeng enam BUMN. Saat ini, Telkomsel telah memiliki pelanggan korporasi sebanyak lima ribu perusahaan dengan pengguna Kartu Halo lebih dari 660 ribu nomor.

Demikian dikatakan Dirut PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Rinaldi Firmansyah dan Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno saat penandatanganan nota kesepahaman Sinergi Korporasi antara Telkomsel dan enam BUMN. Penandatangan MoU itu disaksikan Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar di Jakarta, Rabu (25/8).

Rinaldi Firmansyah mengatakan, Telkom menargetkan jumlah pelanggan korporasi akan meningkat sekitar 5-10% hingga akhir tahun ini. "Pelanggan korporasi Telkom berkontribusi sekitar 40%. Tahun ini kami menargetkan tumbuh 5-10%," kata Rinaldi.

Sementara itu, Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, pelanggan korporasi Telkomsel saat ini lima ribu perusahaan lebih dengan jumlah pengguna Kartu Halo sebanyak 660 ribu nomor lebih. “Namun, kontribusinya terhadap pendapatan baru sekitar 2%,” kata Sarwoto.

Upaya meningkatkan layanan korporasi itu dilakukan melalui sinergi dengan enam BUMN. Yakni, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Garuda Indonesia, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Pertamina. Dengan sinergi ini, keenam BUMN itu bisa memperoleh solusi layanan telekomunikasi terlengkap bagi pengembangan bisnisnya.

Kepada PLN, Telkomsel menyediakan solusi Halo Corporate, Telemetry Application, dan Push Mail BlackBerry. Untuk Garuda Indonesia, Telkomsel menghadirkan solusi Halo Corporate, MVPN, dan Push Mail BlackBerry. Bagi Pertamina disediakan solusi Halo Corporate dan Push Mail BlackBerry.

Sedangkan di lingkungan perbankan, Telkomsel menyediakan layanan Halo Corporate dan Push Mail BlackBerry Bank Mandiri. Dengan BRI ada solusi komunikasi wireless secured access untuk koneksi EDC over GPRS dan VPN over 3G. Sedangkan untuk BNI diberikan solusi Halo Corporate, MVPN, Push Mail BlackBerry, Telkomsel Flash, dan Web2SMS.

“Kehadiran sinergi layanan korporasi antara Telkomsel dan enam BUMN itu tentunya memberikan solusi bisnis terintegrasi yang telah disesuaikan dengan pengembangan bisnis masing-masing dari pelanggan korporasi. Dengan BUMN ini, kami menawarkan solusi bisnis yang hemat hingga 50%,” kata Sarwoto.

Untuk melayani kebutuhan solusi korporasi pada masing-masing perusahaan, Telkomsel menyiapkan Tim Corporate Account Management di berbagai wilayah Indonesia. Selain itu, ada layanan customer care online khusus korporasi yang bisa diakses melalui ponsel dengan menghubungi 128.

“Tim Corporate Account Management itu siap melayani pelanggan korporasi 24 jam, layaknya konsultan pribadi,” kata dia.

Sarwoto mengatakan, tingginya kepercayaan pelanggan korporasi terhadap layanan Telkomsel merupakan kebanggaan sekaligus menjadi tanggung jawab besar bagi Telkomsel dalam menghadirkan solusi bisnis yang tepat bagi perusahaan. Untuk itu, Telkomsel selalu berupaya menerapkan solusi komunikasi yang dimaksudkan guna meningkatkan keunggulan kompetitif pelanggan dalam hal efisiensi dan efektivitas kinerja serta pengembangan bisnisnya.

Dengan dukungan 34 ribu Base Transceiver Station (BTS) yang di antaranya ada enam ribu BTS 3G (Node-B), Telkomsel adalah operator yang telah menjamah seluruh pelosok Tanah Air. Saat ini total pelanggannya telah lebih dari 88 juta. Ini memberikan jaminan kenyamanan pelanggan untuk menikmati berbagai layanan solusi bisnis korporat. Saat berada di luar negeri, pelanggan tetap dapat menikmati layanan ini melalui kerjasama layanan data internasional roaming dengan 300 operator di berbagai belahan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar