Selasa, 03 Agustus 2010

Lebaran 2010, Telkomsel Perkuat Jaringan Data

MEMASUKI Ramadan dan Lebaran 1431 H, Telkomsel menyiapkan seluruh lini produk, layanan, maupun jaringan untuk menjamin kenyamanan komunikasi pelanggan. Namun, kualitas layanan data lebih dikhususkan lagi dengan peningkatan hingga dua kali lipat.

"Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Telkomsel Siaga 2010 lebih mengedepankan peningkatan kualitas layanan data (broadband), terutama di sepanjang jalur mudik Sumatera-Jawa-Bali-NusaTenggara," kata Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno di Jakarta, Senin (2/8).

Peningkatan kualitas jaringan untuk layanan data itu, lanjut dia, dilakukan dengan membangun jaringan 3G, yang pada tahun ini akan menghabiskan dana investasisekitar US$ 400 juta. "Tahun ini kami akan membangun tambahan 2.000-an Node B untuk 3G sehingga totalnya jadi 8.000-an Node-B," kata Sarwoto.

Dia menjelaskan, dari 88,3 juta pelanggan Telkomsel saat ini, ada 16 juta di antaranya pelanggan data. Hingga akhir tahun ini, pelanggan data diharapkan menjadi 20 juta. "Tentu akan lebih menyenangkan jika saat membuka aplikasi data jalurnya lebih lebar lagi," ujar Sarwoto.

Untuk memastikan kualitas jaringannya baik selama Ramadan dan Lebaran, Telkomsel akan melakukan drive test di sepanjang jalur utama mudik. Pada tahun lalu, layanan voice Telkomsel naik 17% pada hari puncak Lebaran 1430H menjadi 953 juta menit. Sedangkan layanan data naik menjadi 185 juta MB.

Sementara itu, Vice President Service Quality Network Telkomsel Angky Arief Priagung mengatakan, saat ini Telkomsel telah menyiapkan infrastruktur layanan data untuk 100 juta pelanggan. Lalu lintasnya saat ini mencapai 1-2 terabyte (TB), dan menjelang Ramadan dan Lebaran ini akan ditingkatkan menjadi 5 TB.

“Sekarang, jaringan Telkomsel sudah siap untuk melayani pelanggan hingga 100 juta,” kata Angky.

Telkomsel Siaga

Pada Lebaran 1431 H, untuk ke-14 kalinya, Telkomsel menggelar Telkomsel Siaga melalui akses *123#. Bahkan, kehadirannya kini lebih spesial, yakni dengan ragam layanan Mobile Lifestyle, paket bundling Ramadan, serta menghadirkan 802 posko siaga.

"Telkomsel Siaga merupakan program berkesinambungan yang diselenggarakan setiap tahun demi menjawab kebutuhan dan solusi komunikasi para pelanggan Telkomsel dalam menjalankan ibadah di Bulan Ramadan hingga Lebaran, seperti ragam konten dan kuis Islami, serta info mudik,” kata Sarwoto.

Selain itu, Telkomsel Siaga juga menghadirkan beragam nilai tambah lainnya yang berbentuk apresiasi bagi para pelanggan Telkomsel, seperti penyelenggaraan mudik gratis, renovasi masjid, buka puasa bersama pelanggan, dan aktivitas sosial lain. Tahun ini, Telkomsel Siaga mengusung tema 'Sebar Kebaikan Raih Kemenangan'.

Telkomsel Siaga 2010 memiliki konten lengkap pada menu *123#, seperti jadwal puasa dan sholat, SMS Infaq, Al Qur’an Selular, mobile book islami, NSP, ringtone, SMS ibadah, video doa dan pendidikan anak tentang Islam, serta Telkomsel Svara (suara dari artis, praktisi, dan pemuka agama). Selain itu ada aplikasi Ovi Maps, khusus pengguna ponsel Nokia. Aplikasi ini untuk membantu navigasi saat mudik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar