Jumat, 06 Agustus 2010

Telkom Tambah Kecepatan Speedy di 9 Kota

PT TELEKOMUNIKASI Indonesia Tbk (Telkom) segera menambah kecepatan akses layanan data sambungan tetap Speedy di sembilan kota. Peningkatan kecepatan akses menjadi 512 Kbps akan dilaksanakan pada September-Oktober 2010.

"Saat ini, kami sedang melakukan uji coba dengan pilot project peningkatan kecepatan Speedy di Jakarta Selatan dan Surabaya Selatan,” kata I Nyoman G Wiryanata, direktur Consumer Telkom, di Jakarta, Rabu (4/8).

Telkom menambah kecepatan unduh layanan internet untuk paket berlangganan Socialia dari 384 Kbps menjadi 512 Kbps. Sedangkan, kecepatan unduh paket Load juga ditambah dari 512 Kbps menjadi 1 Mbps.

I Nyoman mengatakan, pihaknya sangat berhati-hati dalam menentukan kota yang akan mendapat penambahan kecepatan akses. “Investasi untuk mewujudkan rencana ini membutuhkan dana yang besar,” kata dia.

Peningkatan kecepatan akses internet juga mengharuskan Telkom mengganti kabel tembaga dengan kabel serat optik. Selain itu, Telkom juga menggunakan perangkat multi speed access network (MSAN). “Tetapi, prioritas kami adalah meningkatkan kecepatan layanan di area Jabodetabek," jelas dia.

Saat ini, Telkom telah memiliki sekitar 1,4 juta pelanggan Speedy dengan jangkauan 378 kota di Indonesia. Perusahaan pelat merah ini menargetkan jumlah pelanggan menjadi 2,2 juta hingga akhir 2010.

Berkaitan dengan pengembangan Speedy, Telkom akan menggelar layanan penyiaran (televisi/TV) berbasis internet protocol (IPTV). Layanan ini akan diluncurkan secara komersial pada September atau paling telat pada akhir tahun ini. Program yang sempat tertunda beberapa kali ini diharapkan dapat menambah portofolio layanan bisnis Telkom.

Sejumlah operator di Asia telah meluncurkan program ini dan mulai menjadikannya sebagai salah satu pendulang pendapatan. Beberapa operator tersebut di antaranya PCCW (Hong Kong), Telekom Malaysia, dan SingTel (Singapura). Layanan ini disebut-sebut sebagai bagian dari triple play karena menyediakan jasa layanan suara, data, dan media dalam satu perangkat.

"Jakarta akan menjadi prioritas untuk layanan IPTV dengan kecepatan 4-5 Mbps,” kata I Nyoman.

Sebelumnya, Telkom berencana menggelar layanan IPTV secara serentak di lima kota. Namun, Telkom akan melihat dulu respons pasar terhadap layanan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar