Jumat, 06 Agustus 2010

Modernisasi Jaringan Indosat Rampung 70%

INDOSAT akan merampungkan modernisasi jaringan menjelang akhir Agustus 2010. Pengerjaan program yang dimulai pada pertengahan tahun 2010 ini telah mencapai 70% dan diharapkan dapat menambah kapasitas jaringan hingga 20%.

“Modernisasi di wilayah Sumatera dan Jabodetabek diharapkan dapat rampung pada minggu ketiga Agustus ini,” kata Chief Technology Officer Indosat Stephen Edward Hobbs di sela peluncuran program mudik Indosat di Jakarta, Kamis (5/8). Peremajaan jaringan ini juga disiapkan untuk menghadapi Ramadhan dan Lebaran.

Pada Juni 2010, Indosat siap meremajakan sekitar tiga ribu base transceiver station (BTS) dari sekitar 18 ribu BTS yang dimiliki perusahaan. Peremajaan jaringan ini melibatkan beberapa vendor, seperti Ericsson, Nokia Siemens Networks (NSN), Huawei, ZTE, dan Alcatel-Lucent.

Presiden Direktur & CEO Indosat Harry Sasongko mengatakan, pihaknya telah meningkatkan kapasitas layanan SMS sebesar 200% menjadi 900 juta SMS per hari, serta kapasitas layanan suara sebesar 120% menjadi 700 juta menit per hari. Khusus untuk layanan data, Indosat meningkatkan kapasitas jaringan mencapai 250% dibanding tahun lalu menjadi 100 terabyte (TB) per hari.

“Kami juga akan melakukan upgrade kapasitas link ke Research In Motion (RIM) menjadi 1 Gbps untuk meningkatkan layanan BlackBerry selama bulan Ramadhan,” kata Harry. Saat ini, Indosat telah memiliki sekitar 450 ribu pelanggan BlackBerry.

Indosat juga akan meningkatkan jaringannya di kawasan timur Indonesia (KTI). “Pengembangan di wilayah KTI tetap kami lakukan secara proporsional dengan alokasi sekitar 15% dari modal belanja (capital expenditure/capex),” kata Harry.

Revisi Pelanggan

Pada kesempatan yang sama, Indosat merevisi jumlah pelanggan pada triwulan-I dari 39,1 juta menjadi 37,7 juta nomor pelanggan. “Perubahan pencatatan sudah dilaporkan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 22 Juli lalu. Revisi ini tidak memengaruhi pendapatan perusahaan dan biaya kuartal I 2010,” kata Harry.

Division Head & VAS Marketing Indosat Teguh Prasetya mengakui adanya kesalahan pencatatan pada sistem yang mengikutsertakan jumlah pelanggan di akhir tahun 2009. “Seharusnya pelanggan non-aktif selama tiga bulan tersebut dihapus, tetapi sistem masih mencatatkannya pada kuartal-I 2010,” jelas dia.

Seperti diketahui, pada kuartal-I 2010, Indosat mengumumkan pelanggannya bertambah sebanyak enam juta pelanggan baru sehingga menjadi operator dengan akuisisi pelanggan terbesar pada periode itu. Sedangkan, XL dan Telkomsel masing-masing mendapatkan 1,2 juta dan 306 ribu pelanggan. Jasa seluler Indosat pada periode tersebut menghasilkan Rp3,696 triliun rupiah.

Mudik Senyum Indosat

Pada Ramadhan dan Idul Fitri 1431H, Indosat kembali menggelar Mudik Lebaran. Melalui Program Mudik Senyum Indosat 2010, Indosat menyediakan paket Mentari, IM3 dan Blackberry yang memberikan nilai tambah dari program-program sebelumnya.

“Pada Ramadhan dan Lebaran ini, kami hadirkan Program Mudik Senyum Indosat. Ini termasuk peningkatan kapasitas SMS, Suara dan Data, sehingga pelanggan benar-benar dapat berkomunikasi dengan nyaman dan kualitas yang prima selama Ramadhan dan Lebaran tersebut. Moto kami, Senyum Anda Kebahagiaan Kami,” kata Harry Sasongko.

Selain menghadirkan Paket Mentari Pulsa Rp 12.000, Paket IM3 Telepon SMS dan Online Murah, aplikasi Moslem Guide bagi pelanggan Blackberry, program VAS Ramadhan Mudik Berhadiah di *123*2#, Indosat juga menghadirkan Posko Mudik dan penjualan di 1357 lokasi disepanjang jalur mudik, program bundling dengan handset paket Ramadhan, serta dukungan pelayanan Customer Service 24 jam-7 hari seminggu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar