Senin, 09 Agustus 2010

Operator Berlomba Tingkatkan ‘Jalur’ ke Kanada

OPERATOR telekomunikasi penyedia layanan BlackBerry tak hanya berlomba memberikan tarif layanan BlackBerry termurah, tapi juga berlomba meningkatkan jalur (bandwidth) ke Research In Motion (RIM), Kanada.

Saat ini, operator XL adalah operator yang memiliki bandwidth ke RIM terbesar, yakni 800 Mbps. Sementara itu, Telkomsel baru berniat meningkatkan bandwidth-nya ke RIM menjadi 800 Mbps, dan Indosat berencana meningkatkannya menjadi 1 Gbps.

Bandwidth XL ke RIM saat ini 800 Mbps atau dua kali lipat dari posisi sebelumnya. Hingga akhir tahun ini, kami akan tingkatkan lagi menjadi dua kali lipatnya,” kata Presdir PT XL Axiata Tbk Hasnul Suhaimi di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dengan bandwidth sebesar itu, lanjut Hasnul, para pelanggan BlackBerry XL yang saat ini sejumlah 450 ribu pelanggan bisa lebih nyaman dalam mengakses layanan BlackBerry. Apalagi selama Ramadhan dan Lebaran 2010 ini, trafik layanan data dan BlackBerry diperkirakan melonjak.

Sementara itu, Indosat mencanangkan untuk meningkatkan jalur (bandwidht) ke RIM, Kanada dari 600 Mbps menjadi satu gigabit per detik (Gbps). “Kami akan upgrade kapasitas link ke RIM menjadi 1 Gbps untuk meningkatkan layanan BlackBerry selama bulan Ramadhan,” kata Dirut Indosat Harry Sasongko.

Seperti halnya XL, Indosat juga mengklaim telah memiliki sekitar 450 ribu pelanggan BlackBerry. Sedangkan pemilik pelanggan BlackBerry terbanyak tetap Telkomsel, yang kini mengklaim telah memiliki 500 ribu pelanggan. Namun, operator terbesar di Tanah Air itu masih memiliki bandwitdh ke RIM terkecil, yakni 400 Mbps.

“Dalam waktu dekan kami akan meningkatkan kapasitas bandwidth ke RIM menjadi 800 megabit per detik (Mbps),” demikian siaran pers Telkomsel, akhir pekan lalu.

Meski demikian, Telkomsel memiliki cakupan jaringan terluas. Operator dengan jumlah pelanggan lebih dari 88 juta ini didukung lebih dari 34 ribu base transceiver station (BTS) serta enam ribu lebih BTS 3G (Node-B). Jangkauan jaringannya telah mencakup hampir seluruh desa di Indonesia.

General Manager Community Management & New Segment Telkomsel Yunita Primastuti mengatakan, pertumbuhan jumlah pelanggan BlackBerry Telkomsel naik hampir 100% dibanding posisi awal tahun ini yang sebanyak 260 ribu. Pesatnya pertumbuhan jumlah pelanggan ini tidak lepas dari beragamnya pilihan paket hemat layanan BlackBerry Telkomsel yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Akhir pekan lalu, Telkomsel menggelar pertemuan komunitas pencinta BlackBerry bertajuk BlackBerry Community Gathering di Jakarta. Pada acara tersebut Telkomsel mengadakan talkshow seputar BlackBerry, pelatihan perbaikan BlackBerry, penjualan paket bundling BlackBerry, dan pengumuman pemenang Kompetisi Foto dan Tema BlackBerry.

“Kegiatan ini merupakan wujud apresiasi kami bagi seluruh pelanggan BlackBerry Telkomsel, terutama bagi anggota komunitas BlackBerry Telkomsel yang kini berjumlah sekitar 2.000 anggota. Kami berharap kegiatan ini dapat mempererat hubungan sesama anggota komunitas sekaligus menjadi wadah untuk berbagi informasi mengenai layanan BlackBerry terbaru,” kata Yunita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar