Rabu, 25 Agustus 2010

XL Pasang Tarif Data Flat di Arab Saudi

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL) mengklaim jumlah pelanggan yang menggunakan layanan roaming internasional mencapai 4% dari total 35 juta pelanggan. Sedangkan, jumlah pelanggan yang terbang ke Arab Saudi mencapai 500 setiap bulan dan bertambah banyak saat Idul Fitri dan musim Haji.
“Mayoritas pelanggan yang ke Arab Saudi menggunakan perangkat BlackBerry. Sayangnya, skema tarif pembulatan yang berlaku di sana sangat memberatkan,” kata Retno Wulan, general manager International Business & Domestic Wholesale, di Jakarta, Senin (23/8).
Penggunaan layanan data di luar negeri masih menjadi momok pelanggan seluler. Khusus untuk negara Arab Saudi, skema tarif pembulatan per 10 Kilobit (Kb) termasuk yang memberatkan pelanggan seluler Indonesia yang sedang dalam status ‘roaming’ di sana.
“Tarif pembulatan di Arab membuat pemakaian data roaming sekecil apapun dapat dikenakan biaya yang tinggi. Tak jarang, pelanggan seluler yang mengalami billing-shock ketika pulang ke Indonesia,” kata Retno.
Khusus BlackBerry, smartphone ini kerap melakukan melakukan sinkronisasi terhadap data push email secara simultan. Sehingga, pengecekan rutin ini dapat menyedot pulsa pelanggan.
Di tengah isu pemblokiran layanan BlackBerry di Arab Saudi, XL mengambil langkah berani dengan meluncurkan layanan BlackBerry Unlimited Data Roaming dengan tarif Rp75 ribu/hari. Layanan yang berlaku mulai 15 Agustus hingga 31 Desember 2010 ini menawarkan tarif flat data kepada pelanggan prabayar maupun pascabayar.
XL menggandeng operator mitra Etisalat (Mobily) yang juga menghadirkan layanan BlackBerry di Arab Saudi. “Tarif flat ini tidak hanya untuk pengguna BlackBerry, tetapi juga dapat dinikmati pengguna iPhone maupun smartphone Android,” kata Titus Dondi, VP Enterprise & Carrier.
Retno mengakui layanan data unlimited ini cukup berisiko bagi XL, selain dari sistem bagi hasil dengan operator mitra juga kemungkinan ditutupnya layanan BlackBerry oleh regulator setempat.
Saat ini, layanan roaming internasional untuk suara dan data XL tersedia di 140 negara. Untuk layanan suara, XL menjalin kerja sama dengan 383 operator di luar negeri. Sedangkan, 153 operator internasional menyediakan layanan data kepada pelanggan XL di luar negeri.
Layanan roaming data BlackBerry untuk pelanggan pascabayar XL dengan tarif Rp25 ribu/hari sebelumnya telah tersedia di 10 negara seperti Singapura, Malaysia, Kamboja, Srilanka, Bangladesh, Hongkong, Jepang, Filipina, Taiwan, serta Makau. Sedangkan, layanan roaming data BlackBerry untuk pelanggan prabayar dengan tarif Rp50 ribu/hari telah tersedia di Singapura, Malaysia, Kamboja, Srilanka, Bangladesh, Hongkong dan Jepang.
XL juga menyediakan tarif flat roaming data sebesar Rp25/Kb di 17 negara yang meliputi Thailand, India, Amerika Serikat, Australia, Kanada, Belanda, Inggris, Brunei, Perancis, Italia, Selandia Baru, Spanyol, Turki, Portugal, Ceko, Irlandia, serta Jerman. XL juga menjalin kerja sama khusus dengan operator-operator yang tergabung dalam Axiata Group dan AMI Alliance guna menawarkan tarif yang kompetitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar