Jumat, 13 Agustus 2010

NSN Bantu Operator GSM Tambah Pelanggan

NOKIA Siemens Networks (NSN), penyedia perangkat telekomunikasi, menawarkan fitur efisiensi spektrum unik. Spektrum unik inilah yang diyakini akan bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan.Dynamic Frequency and Channel Allocation (DFCA), demikian fitur baru yang ditawarkan NSN kepada operator GSM di seluruh dunia.

“DFCA memiliki potensi yang sangat besar untuk membantu operator mengatasi tantangan berupa trafik suara dan data yang terus meningkat,” ujar Head of GSM/EDGE Product Management NSN Prashant Agnihotri dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (12/8).

Menurut dia, operator dapat lebih memaksimalkan spektrum yang terbatas sekaligus meningkatkan kualitas layanan (QoS) secara keseluruhan. DFCA yang ditawarkan NSN ini pun mampu meningkatkan kapasitas jaringan GSM menjadi 2 kali lipat dalam spektrum yang ada. Sementara itu, manfaat tambahan lainnya adalah peningkatan efisiensi energi per pelanggan yang sangat besar.

Agnihotri menambahkan, fitur baru dari NSN ini akan membantu operator dalam memperkecil bandwidth komunikasi suara. Kelebihan bandwidth, kata dia dapat digunakan untuk data, baik melalui Enhanced Data Rates for GSM Evolution (EDGE) ataupun dengan memanfaatkan kembali spektrum tersebut untuk Wideband Code Division Multiple Access/Long Term Evolution (WCDMA/LTE). Operator pun akan terbantu dalam meningkatkan potensi pendapatan per situs BTS secara substansial.

“Pada akhirnya, ini akan mampu meminimalkan investasi langsung untuk pembangunan situs tambahan dan mengurangi biaya total kepemilikan,” katanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar