Senin, 02 Agustus 2010

Flexi Uji Coba Jaringan EVDO di 7 Kota

FLEXI, layanan fixed wireless access (FWA) milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan melakukan uji coba layanan evolution data optimized (EVDO) pada bulan Agustus ini. Uji coba layanan EVDO Flexi dilakukan di 7 kota yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Makasar, Medan dan Denpasar. Sementara komersialisasi layanan EVDO Flexi baru akan dilakukan tahun 2011 mendatang.

Demikian dikatakan Deputy EGM Commerce Flexi Indonesia Iskriono Windiarjanto disela Konser musik Flexi Big Bang: Feel the Greatest Music Spirit di Markas Komando Daerah Militer (Makodam) Surabaya, Sabtu (31/7).

Iskriono menjelaskan, layanan EVDO digelar untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan akan akses data yang lebih cepat dari jaringan yang ada saat ini. Melalui layanan EVDO, lanjut dia, pengguna internet akan merasakan akses data dengan kecepatan 1 Mbps.

Saat ini, untuk pengguna internet pemula kecepatan aksesnya masih dibawah 500 kbps. Untuk merealisasikan layanan EVDO, sambung dia, ada dua skema yang bisa dilakukan yaitu menggunakan dana sendiri atau mengajak mitra. Flexi, kata dia, memilih menggandeng tiga mitra yaitu ZTE, Huawei dan Samsung untuk mengembangkan layanan ini.

Hanya saja Iskriono belum bisa menjelasan secara detil skema pembagian keuntungan ( revenue sharing ) yang mungkin dilakukan dengan tiga mitranya itu. Sebab, saat ini Flexi masih dalam tahap negosiasi dan mematangkan konsep. "Untuk tahap awal kerjasama mungkin diarahkan ke pengembangan modem . Sedangkan untuk ponsel masih belum, karena sudah cukup banyak ponsel yang mendukung layanan EVDO di pasaran," ucapnya.

Dijelaskan Iskriono , layanan EVDO Flexi akan dikomersilkan pada 2011. Uji coba layanan ini akan dilakukan di 7 kota didasarkan pada potensi dan pengguna layanan data yang cukup tinggi.

“Denpasar menjadi kota yang paling banyak pengguna layanan broadband, karenaerupakan tujuan wisata internasional. Nantinya uji coba EVDO akan dilakukan di kota-kota lainnya sesuai dengan kebutuhan,” tuturnya.

Ketika disinggung soal target pelanggan Flexi hingga akhir tahun ini, dia optimistis jumlah pelanggan bisa meningkat dari 16,2 juta menjadi 20 juta. Dari jumlah tersebut, 7 juta diantaranya kontribusi area Timur yakni Jatim, Bali dan Nusra. Wilayah Jatim memberi kontribusi terbesar dengan pertumbuhan yang sangat tinggi dibandingkan daerah lain. Selain itu, Flexi juga menargetkan revenue meningkat 10% pada tahun ini dibandingkan tahun lalu , dengan nilai sekitar Rp 4 triliun.

Rilis Flexi Portal

Untuk meningkatkan penguasaan pasar CDMA, Flexi aktif melakukan inovasi, salah satunya Flexi Portal. Layanan ini memungkinkan pelanggan mengakses berbagai fasilitas layanan seperti FlexiTone, FlexiChat, FlexiMedia, hingga FlexiMusic. Layanan tersebut secara resmi diperkenalkan dalam Indonesia Cellular Show (ICS) 2010 pada 14-18 Juli di Jakarta.

“Kami memandang segmen anak muda masih menjadi pasar yang sangat potensial untuk dikembangkan. Musik tentu menjadi sarana pemasaran yang kami rasa efektif untuk mengembangkan penguasaan pasar,” kata Iskriono.

Flexi Portal memiliki 18 item service yang bisa dimanfaatkan pelanggan. Sejak diluncurkan, sekitar 100 ribu handset bundling yang dilengkapi layanan Flexi portal sudah terjual. Flexi menargetkan dalam sebulan bisa menjual 300 ribu ponsel melalui program bundling. Sedangkan untuk akhir tahun diperkirakan mampu terjual hingga 1 juta handset.

Iskriono menjelaskan, layanan Flexi Portal diperuntukan untuk seluruh segmen mulai dari low end hingga high end. Dia mencontohkan, ponsel Flexi Musik yang sudah dilengkapi layanan Flexi Portal memiliki spesifikasi high end namun dipasarkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Melalui Flexi Musik, sambung dia, pelanggan bisa mengunduh ribuan lagu asli secara mudah dan murah, mulai dari Rp1.000 untuk maksimal 30 lagu dalam sehari. Flexi bekerja sama dengan 12 major label, antara lain, Aquarius, Arka, Sani, Indo Semar, Pelangi, Virgo, e-Motion, dan Universal.

”Keunggulan itulah yang kami jadikan selling point. Selama ini masih banyak segmen konsumen yang ingin mengakses ponsel berteknologi tinggi namun dengan harga murah,” jelasnya.

Dia mengatakan, pada semester II/2010 , Flexi akan memaksimalkan momentum penting seperti bulan puasa, Lebaran, Natal, dan tahun baru untuk meningkatkan penjualan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar